7 Poin Penting Tentang Shalat Khusyu

31 Dec 2010

Beberapa hal yang perlu diketahui tentang shalat khusyu:

1. Shalat khusyu adalah perintah Allah
“Beruntunglah orang-orang yang mukmin, yaitu yang khusyu dalam shalatnya” (QS AL Mukminun:1-2). Dalam ayat ini Allah mengajak hambanya untuk menjadi orang yang beruntung, yaitu dengan mengerjakan shalat khusyu.

2. Shalat khusyu itu mudah
Karena shalat khusyu adalah perintah Allah, maka tentu perintah-Nya bukan sesuatu yang sulit. Apalagi yang bersifat mustahil. Jadi, shalat khusyu tentu dapat diraih oleh kita semua. Shalat khusyu itu mudah, tapi tentu tak semudah mengucapkannya. Perlu belajar dan berusaha sungguh-sungguh untuk meraihnya.

3. Shalat khusyu bukan milik para nabi dan sahabat
Dengan merujuk alasan point 2 di atas, maka jelaslah bahwa shalat khusyu juga milik kita semua. Tentu saja bagi kita yang mau belajar shalat khusyu dan bersungguh-sungguh menggapainya

4. Shalat khusyu itu menyenangkan
Orang yang dapat melaksanakan shalat khusyu, Insya Allah shalatnya lebih menyenangkan. Minimal tidak terburu-buru, gugup-rusuh, atau shalat ngebut. Dengan shalat khusyu, shalat lebih dapat dinikmati

5. Shalat khusyu itu mendatangkan keberuntungan
Tentu saja, karena salah satu ciri orang mukmin yang beruntung adalah yang khusyu dalam shalatnya (Al Mukminun:1-2).

6. Shalat khusyu mendatangkan ampunan dan pahala yang besar
“Laki-laki dan perempuan yang khusyu’, laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar.” (Al Ahzab 35).

7. Shalat khusyu untuk meminta pertolongan Allah
“Mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan shalat. Yang demikian itu berat kecuali bagi orang-orang yang khusyu” (Al Baqarah 45). Maksudnya, Allah memberi jalan pada hambanya agar meminta pertolongan dengan mengerjakan shalat, dan shalat yang dapat mendatangkan pertolongan adalah shalat yang dikerjakan dengan khusyu, tidak asal-asalan.

Mari terus belajar shalat khusyu dan berusaha sungguh-sungguh untuk meraihnya, dan berdoa kepada Allah agar dimudahkan-Nya.

Others kw: tentang sholat, sholat khusyu, belajar sholat


TAGS tentang shalat Tentang Sholat shalat khusyu sholat khusyu belajar shalat belajar sholat tata cara berdoa


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post